Minggu, 26 Februari 2012

MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG


Menjaga Kesehatan jantung amat sangat penting untuk kita perhatikan. Agar terhindar dari resiko penyakit jantung,  ada beberapa indikator kesehatan  yang harus diperhatikan, yaitu :
  
1.        Kadar kolesterol harus selalu di bawah 200 mg%.
2.    Kadar LDL usahakan selalu di bawah 150mg%
3.    Kadar  trigliserida usahakan kurang dari 200 mg%
4.    Kadar HDL usahakan selalu di atas 50 mg%
5.    Kadar gula puasa usahakan kurang 120 mg%
6.    Kadar gula postprandial 2 jam (sesudah makan) tidak melebihi 160 mg%
7.    Tekanan darah usahakan tidak lebih dari 140 mmHg untuk systole dan tidak lebih dari 90 mmHg untuk diastole.

Tips Mencegah Penyakit Jantung

1.    Pola makan sehat.Yang harus diperhatikan adalah Jumlahnya, Jenisnya, dan Jadwalnya.

Jadwal : Jadwal makan ideal adalah 3 kali makan utama dan 2 kali makan     selingan. Usahakan sarapan setiap hari.    Pengaturan jadwal makan akan memperingan kerja lambung dan memperkecil resiko diabetes.

Jenis : Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan/minuman dengan kandungan gula yang  tinggi seperti soft drink. Perbanyak makanan yang mengandung antioksidan seperti berbagai macam sayuran, buah-buahan dan minum teh. Dalam Jurnal American Heart Association, juga dijelaskan bahwa kandungan Omega 3 pada ikan, selain mencerdaskan otak, juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Jumlah : . Porsi makan sebaiknya kecil tapi sering. Selain itu, semakin tua seseorang porsi makan akan semakin sedikit.

2.    Tidak Merokok atau berada dalam lingkungan asap rokok, karena merokok atau menghirup asap rokok (sebagai perokok pasif) akan membahayakan kesehatan.

3.    Olah raga secara teratur, bertahap dan terukur.  Jogging (jalan kaki) dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Disarankan olah raga 4 – 6 kali seminggu, cukup 45 menit  sampai 60 menit, tidak perlu terlalu lama.

4.    Apabila Anda mengalami obesitas (kelebihan berat badan), maka usahakan untuk menguranginya, karena obesitas beresiko terhadap pembesaran atrium jantung kiri, yang dapat mengakibatkan detak jantung tidak normal, stroke, bahkan dapat mengakibatkan kematian.

5.    Pola pikir sehat, yaitu bagaimana seseorang dapat mengendalikan/  mengatur emosinya.  Jangan mudah marah, karena pada saat seseorang marah, maka hormon akan bekerja lebih keras, tekanan darah juga naik, sehingga lebih mudah terkena serangan jantung.   Pada saat stress, tubuh akan mengeluarkan hormone cortisol yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku.

6.    Tidur cukup.  Saat tidur sel-sel yang rusak diperbaiki secara alamiah oleh tubuh.  Jika seseorang kurang tidur maka metabolisme tubuhnya akan terganggu. Menurut seorang peneliti  kesehatan pada salah satu lembaga kesehatan Inggris, gangguan / masalah dalam tidur dapat menimbulkan masalah pada kontrol gula darah tubuh sehingga meningkatkan resiko timbulnya penyakit jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar