Minggu, 26 Februari 2012

MACAM MACAM PENYAKIT JANTUNG


Rupanya, jenis-jenis penyakit jantung itu amat beragam, dari artikel kami sebelumnya, dapat kami tambahkan lagi sebagai berikut;

Serangan Jantung
Serangan jantung termasuk salah satu dari  penyakit jantung yang mematikan. Serangan jantung bisa terjadi karena banyak sebab. Namun, sebab utamanya karena aliran darah yang menuju ke otot-otot jantung terhambat. Hal ini membuat jantung tidak berfungsi sama sekali dan biasanya terjadi secara mendadak atau tiba-tiba.
Umumnya, serangan jantung terjadi karena pembuluh arteri mengalami penyempitan yang berlangsung
selama bertahun-tahun. Kondisi ini bisa timbul akibat adanya timbunan lemak pada dinding arteri.

Penyakit Klep Jantung
Penyakit klep jantung  yaitu adanya kerusakan pada katup jantung. Katup jantung ini memiliki fungsi sebagai pengatur aliran darah yang masuk searah menuju organ  jantung.
Penyakit klep jantung ini bisa berkembang sebelum kelahiran (Genital) atau ketika semasa hidup seseorang. Terkadang penyebab penyakit klep jantung ini tidak diketahui. Penyakit klep jantung ini pun terdiri dari berbagai macam, seperti penyakit klep kelahiran dan bicuspiud aortic valve disease.
Penyakit klep jantung yang dibawa secara genital (sebelum kelahiran) mayoritas mempengaruhi klep aortic atau klep pulmonic. Hal ini terjadi karena kemungkinan ukuran klep-klep salah. Selainj itu bisa juga disebabkan bentuk klep yang aneh atau memiliki klep yang tidak sesuai yang menempel di annulus.
Penyakit klep jantung lainnya adalah bicuspiud aortic valve disease, yaitu penyakit jantung yang bersifat bawaan. Penyakit  jantung ini mempengaruhi klep aortic,  terjadi karena adanya ketidaknormalan pada klep bicuspid aortic valve. Normalnya memiliki tiga kelopak atau klep, tapi kelainan ini hanya memiliki dua klep.

Penyakit Jantung: Pericarditis
Ada banyak penyebab  timbulnya penyakit pericarditis. Namun, sering kali penyakit ini disebabkan adanya infeksi pada organ jantung. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh jamur, bakteri,  bahkan virus HIV.
Penyakit jantung pericarditis pun dapat diseabkan oleh efek samping dari konsumsi obat-obatan. Efek samping dari obat-obatan tertentu bisa mengakibatkan respon sistem imun yang menyebabkan peradangan pada kantong pericardial dan pericarditis.

Valvular Heart  Disease
Penyakit ini diakibatkan oleh Rusaknya Katup Jantung sehingga menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi terhambat.  Gejalanya antara lain Jantung berdebar dan badan lemas. Katup dalam jantung kita berfungsi mengatur aliran darah searah menuju ke jantung. Bila katup mengalami gangguan, maka aliran darah yang searah menuju jantung bisa terhambat atau bahkan kembali lagi ke bilik jantung. Jenis penyakit jantung yang satu ini biasanya disebabkan oleh bakteri jahat yang dibawa aliran darah.
Jenis penyakit jantung yang satu ini, jika tida segera diobati akan menimbulkan efek yang jauh lebih berbahaya. Katup jantung yang telah terinfeksi biasanya akan menjadi tempat endapan nanah. Jika terlalu lama dibiarkan, endapan nanah tersebut akan memberikan beban sehingga tidak mustahil katup jantung akan mengalami kebocoran.
Jika katup jantung sudah bocor, penderita akan mengalami syok hebat yang bisa menyebabkan ginjal beserta seluruh organ tubuh dalam lainnya berhenti berfungsi. Jenis penyakit jantung yang satu ini bisa diderita siapa saja, namun kebanyakan diderita oleh oleh para pengguna narkotika.

Penyakit Jantung – Kelainan pada Jantung
Prof. Dr. Budhi Setianto, SpJP mengungkapkan bahwapenyakit jantung disebabkan oleh dua faktor utama,yakni yang diderita karena adanya faktor genetik atau bawaan dan faktor lain yang tidak bisa dihindari, seperti bertambahnya usia, jenis kelamin, ras, dsb.
Kelainan jantung ini disebabkan oleh penyakit jantung bawaan dari lahir atau sejak kanak-kanak. Kelainan jantung bawaan disebabkan karena gangguan perkembangan sistem jantung dan pembuluh darah selama masa pertumbuhan embrio ketika dalam kandungan. Gangguan kelainan jantung bawaan dikarenakan faktor genetik dan lingkungan.
Penyakit Jantung - Cardiomyopathies
Khusus Penyakit Jantung ini menyerang jaringan otot jantung, sehingga ukuran jantung bisa mengalami pembesaran atau pengecilan secara tidak normal. Kasus lain bahkan dapat menyebabkan jantung menjadi kaku. Bila otot jantung tidak dapat berfungsi dengan baik berarti jantung tidak dapat memompa darah seperti dalam keadaan normal. Bila otot jantung bermasalah dan tidak segera ditangani bisa menyebabkan gagal jantung.

Penyakit  Radang Jantung
Jenis penyakit jantung yang disebabkan oleh kompilasi beberapa penyakit lain, seperti radang paru-paru, radang ginjal, dan batuk kering, dinamakan radang jantung. Radang jantung ini terjadi di sekitar lapisan jantung.
Selain yang sudah disebutkan tadi, berbagai penyebab lain dari jenis penyakit jantung ini, di antaranya sebagai berikutInfeksi bakteri, virus, jamur, Pembedahan jantung, Lupus eritematosus sistemik, Penyakit rematik, Kegagalan ginjal, Cedera, Terapi radiasi, Neoplasma, Trauma/cedera dada.

Penyakit Jantung  Tamponade
Suatu kondisi di mana jantung mengalami trauma karena robeknya otot jantung dan perembesan cairan. Trauma ini terjadi akibat adanya pengumpulan cairan berupa darah, nanah, atau gas di ruang perikardium. Pengumpulan cairan tersebut dapat menyababkan jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh secara optimal.

Untuk tahu lebih rinci mengenai penanganan Penyakit Jantung

Or

Nah, itulah beberapa ulasan singkat dan umum seputar  jenis penyakit jantung yang bisa penulis sampaikan . Kesimpulannya, jenis-jenis penyakit jantung yang sudah dibahas tadi, kecuali yang bawaan, bisa dihindari dengan cara membiasakanpola hidup dan gaya hidup sehat. 

1 komentar:

  1. untuk mengobati penyakit jantung dapat menggunakan
    "lecithin nasa" sangat bagus hasilnya

    BalasHapus